Jenis Jenis Casing

Pengertian Casing Komputer
  • Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen-komponen lainnya.
  • Kesimpulannya adalah bahwa casing komputer merupakan tempat atau rumah yang berfungsi untuk melindungi perangkat keras dari benturan-benturan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat yang sensitif
Fungsi Casing


Casing komputer berfungsi untuk melindungi komponen komputer di dalamnya dari debu, air, panas, kelembabpan dan benturan fisik yang mungkin terjadi dan bisa merusak komponen komputer. Sebagai pendingin komponen komputer karena adanya exhaust fan yang berfungsi untuk mendinginkan bagian yang ada di dalam casing.
Fungsi Lain :
Casing komputer digunakan sebagai pemanis tampilan komputer sehingga tidak tampak semrawut
Menghindari kecelakaan yang fatal bagi manusia, misalnya tanpa sengaja menyentuh komponen sehingga tersetrum


Jenis-Jenis Casing


Casing Dibedakan Menjadi 4 , yaitu :
1.Casing Full Tower
2.Casing Mid Tower 
3.Casing Mini ITX 
4.Casing Gaming
 
  
Casing Full Tower
  Casing computer jenis ini full-tower ini adalah casing computer terbesar diantara jenis casing lainnya, casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro- ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, biasanya casing jenis digunakan oleh para gamer (seperti gua) atau untuk mereka yang antusias dengan hardware pada computer.

Casing Mid Tower
            
Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil dibandingkan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX.

 Casing Mini ITX

   Casing komputer jenis ini adalah casing yang paling kecil diantara semua jenis casing tower. Beberapa casing ITX memiliki dimensi hanya 15x15x30 cm saja. Casing ini banyak digunakan untuk penggunaan sistem komputer yang minimum seperti digunakan untuk media center.
Casing Gaming
Jenis casing ini biasanya ukurannya lebih besar dan luas, karena para pecinta game sangat ingin memaksimalkan perangkat-perangkat kerasnya. Contoh casing gaming adalah CBM Azza Toledo 301, Toolest. Tipe casing tersebut tidak memerlukan obeng untuk pemasangan perangkat keras dan mempunyai susunan kabel yang sangat rapi.
 
 
Jenis Jenis Casing Jenis Jenis Casing Reviewed by Kyuu on Desember 12, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Email Subscription:

Delivered by FeedBurner