5 Text Editor untuk Programmer



Aplikasi text editor banyak di gunakan oleh programmer untuk men-desain web , membuat web , dan pembuatan aplikasi. namun kebanyakan programmer menggunakan aplikasi-aplikasi yang mudah di pakai dan cepat dalam pemrosesan nya, dan berikut adalah 5 aplikasi text editor Programmer



  1. Sublime Text Editor
Sublime Text adalah salah satu teks editor terbaik untuk programmer khususnya Web Developer yang sangat canggih untuk coding, markup dan lain-lain. Sublime Text ini bisa dibilang sebagai senjata wajib bagi web developer. Kamu akan menyukai antarmuka pengguna yang sangat sederhana, dengan fitur dan kinerja yang luar biasa.
Sublime Text Editor pertama kali dirilis pada tanggal 18 januari 2008, dan sekarang versi Sublime Text Editor sudah mencapai versi 3 yang dirilis pada tanggal 29 januari 2013.

Sublime Text mendukung operation system seperti Linux, Mac Os X, dan juga windows.

Sublime Text tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Sublime Text juga memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API. Masih kurang? Sublime Text memiliki banyak plugins, kamu bisa mendownload plugins di Internet dan menginstalnya.


  1.  Notepad++
Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin yang bisa mempermudah pekerjaan programmer.

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 32 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.


  1.  Atom
Atom adalah text editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan diklaim sebagai text editor yang bisa di-custom dengan mengubah file konfigurasinya.

Salah satu keunggulan dari Atom Text Editor adalah tersedianya banyak plugins yang bisa membantu pekerjaan kita. Kita bisa melihat plugins yang paling banyak digunakan melalui halaman plugins yang terdapat pada Atom atau pada halaman daftar packages pada Atom.


  1. Vim
Vim atau Vi Improved adalah teks editor terbaik yang sangat powerful. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan segala sesuatu hanya menggunakan keyboard dan berbekal shortcut. Dengan Vim kamu dapat mengubah teks yang ada di dalam dokumen, memindahkan, menghapus baris, mengubah secara otomatis, dan masih banyak lagi tanpa harus menggunakan mouse.

Vim merupakan source code editor favoritnya para programmer dalam membuat program. Kebanyakan dari mereka yang suka menggunakan Linux biasanya akan menyukai Vim. Namun, kamu pun bisa menyukai editor ini karena Vim bisa digunakan untuk tugas-tugas editing yang umum, misalnya sebagai tempat menulis artikel yang cukup panjang.


  1.  Light Table
Light Table adalah text editor yang berasal dari crowdfunding di Kickstarter yang berhasil mengumpulkan dana hingga US$300. Light Table pun dianggap sebagai editor teks yang sangat modern dan inovatif.

Editor ini dapat dengan mudah disesuaikan, bahkan kamu bisa menyematkan grafis dan melihat secara real time hasil kode tertentu. Seperti text editor pada umumnya, Light Table mendukung banyak bahasa pemrograman. Namun, memiliki integrasi khusus untuk beberapa bahasa pemrograman, yakni Clojure, JavaScript, HTML, dan CSS.


Dan Itulah 5 text editor untuk programmer yang recommended menurut saya. Setiap software memang memiliki fitur keunggulan masing-masing, yang dapat membantu kamu dalam aktivitas programming.





5 Text Editor untuk Programmer 5 Text Editor untuk Programmer Reviewed by Kyuu on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Email Subscription:

Delivered by FeedBurner